Manfaat Kulit anggur Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit anggur Untuk Kesehatan
======================================






Buah dan kulit merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Jika suatu buah itu memberikan manfaat bagi kesehatan Anda maka kulitnya pun begitu, apalagi jenis buah yang kulitnya bisa dimakan. Misalnya saja buah anggur. Buah yang memiliki warna merah, ungu, hijau, dan kuning ini memiliki kulit yang sebaiknya tidak Anda buang ketika memakannya. Mengupas kulit anggur lalu membuangnya sama saja membuang nutrisi yang seharusnya diserap oleh  tubuh Anda.

Selain kerugian kehilangan nutrisi, mengupas kulit anggur juga merepotkan. Melakukannya hanya akan membuat 1 menit lebih lama anggur yang manis itu menggoda lidah Anda, sebab dengan struktur kulit yang tipis itu, kulit anggur memang agak susah dikupas. Jadi buat apa melakukan hal yang sia-sia.

kulit anggur, manfaat kulit anggur, khasiat kulit anggur

Kembali ke bahasan nutrisi. Kulit anggur memiliki kadar antioksidan yang tinggi, bahkan melebihi kadar vitamin E dan vitamin C. Jadi jika Anda tidak suka buah jeruk, Anda bisa makan anggur saja. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi lain pada kulit anggur masih banyak. Nutrisi tersebut dapat di buat sebagai obat seperti Obtat Titan Gel yang bisa menambahkan setamina dan sangat baik buat kesehatan kulit anggur ini bisa mengobati beberapa penyakit yang umum terjadi di lingkungan kita. Diantaranya adalah beberapa penyakit di bawah ini.
1. Mencegah kerusakan sel

Kondisi ketika sel tidak dapat melakukan fungsinya secara optimal dikatakan bahwa sel tersebut mengalami kerusakan. Salah satu penyebab paling sering yang membuat sel itu rusak adalah defisiensi oksigen atau bisa juga karena zat yang dibutuhkan sel untuk tumbuh berkurang. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kerusakan sel adalah antioksidan. Seperti yang dijelaskan pada pengantar di atas, kulit anggur memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Jadi buat apa membuang kulit anggur saat memakannya.
2. Membuat awet muda

Ketakutan terhadap penuaan dini telah menghinggapi masyarakat perkotaan. Sebab masyarakat kota memang rentan terkena polusi. Polusi inilah yang menyebabkan kulit mengalami penuaan sebelum waktunya. Untuk menghindari kejadian penuaan dini pada kulit Anda, rajinlah mengonsumsi anggur beserta kulitnya. Kandungan resveratrol di dalamnya yang berperan menjaga keremajaan kulit. Jika anggur dikonsumsi rutin maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan ancaman penuaan dini.
3. Mengatasi polio

Penyakit yang menyerang sistem saraf ini memang sering terjadi pada anak-anak. Selain pemberian vaksin, pembiasaan mengkonsumsi buah anggur sebaiknya Anda lakukan pada anak-anak Anda sebelum virus polio ini menyerang anak Anda.
4. Mengatasi influenza

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat tubuh Anda rentan terserang virus influenza. Kepala pusing, hidung tersumbat, dan berlendir akan sangat mengganggu rutinitas Anda. Jika Anda sedang menderita flu, jangan biasakan membeli obat-obatan toko. Selalu biasakan menggunakan obat alami. Termasuk diantaranya dengan memakan buah anggur, selain manis dan membuat ketagihan, kulit yang membungkusnya ini mengandung resveratrol dan polifenol yang akan memperkuat daya tahan tubuh Anda sehingga tidak mudah terserang virus influenza.
5. Mengatasi herpes

Selain lidah buaya, kulit anggur juga dapat mengobati penyakit herpes. Virus herpes yang menyerang kulit Anda akan mati dengan sendirinya jika Anda mengkonsumsi buah Anggur. Usahakan makan juga biji anggur tersebut, karena selain kulit, biji anggur juga berperan dalam penyembuhan herpes.
6. Menetralisir racun dari dalam tubuh

Tak terhitung jumlah racun yang dapat masuk ke dalam tubuh kita baik melalui udara atau makanan yang kita konsumsi. Jika Anda tidak memiliki daya tahan tubuh yang baik, racun tersebut akan menghancurkan sistem antibodi dalam tubuh Anda sehingga Anda akan mudah sakit. Tidak ada manusia yang suka sakit bukan? Untuk itu sebaiknya ada usaha dari Anda untuk mencegahnya, salah satunya dengan mengonsumsi anggur, khususnya anggur hijau. Kulit anggur hijau ini dapat melakukan detoksifikasi sehingga racun dalam tubuh Anda akan berkurang.
7. Membersihkan saluran usus dari kotoran

Setelah nutrisi makanan diserap oleh tubuh, usus besar bertugas mengeluarkan sisa makanan tersebut. Jika Anda termasuk orang yang tidak mengalami konstipasi, Anda tidak perlu membersihkan usus Anda. Tetapi jika Anda sering konstipasi, cara membersihkan usus adalah dengan mengkonsumsi buah anggur berserta kulitnya. Membersihkan usus dibutuhkan kandungan serat yang tinggi, dan serat yang tinggi terdapat pada kulit anggur.
8. Mengatasi kelelahan

Tiba-tiba merasa kelelahan saat bekerja memang tidak nyaman, sebab hal tersebut akan mengurangi produktivitas Anda. Selain perlu memeriksakan ke dokter apakah Anda menderita anemia atau bukan. Cobalah untuk mengkonsumsi anggur tanpa membuang kulitnya dengan rutin. Kulit anggur ini dapat memberikan zat besi bagi Anda untuk kembali berenergi dan beraktivitas kembali.
9. Mencegah kanker

Bagi perokok, kanker adalah penyakit yang sudah pasti akan menemani hidupnya. Flavonoid, antosianin, resveratrol, dan senyawa antioksidan adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit yang membunuh jutaan manusia tiap tahunnya ini. Anda tentunya masih ingat kalau kandungan tersebut terdapat pada kulit anggur. Pokoknya, memakan buah anggur dengan kulitnya tidak akan membuat Anda rugi, meskipun terkadang rasanya menjadi sedikit masam tetapi manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan dengan rasa tidak suka Anda terhadap rasa masam tersebut.
10. Penangkal radikal bebas

Kita tidak bisa menghindari masuknya radikal bebas ke dalam tubuh kita karena setiap hari kita berinteraksi dengan polusi, asap rokok, dan radiasi matahari. Untuk mengatasi radikal bebas yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh diperlukan antioksidan. Seperti yang dibahas sebelumnya, antioksidan tinggi terdapat pada kulit anggur. Jadi sebaiknya anda tidak lepas dari anggur sebagai konsumsi dalam keseharian.

Komentar